Makanan Terbaik untuk Pria Usia 50 Tahun ke Atas

Seiring bertambahnya usia, seseorang akan lebih berisiko mengalami berbagai masalah kesehatan serius seperti tekanan darah tinggi, penyakit jantung, diabetes dan bahkan kanker. Namun, ancaman kesehatan ini dapat dicegah dengan mengadopsi gaya hidup sehat, salah satunya adalah dari makanan.

Menurut penelitian yang diterbitkan dalam Journal of American Dietetic Association, mempraktikkan diet sehat membantu meningkatkan kualitas hidup. Karena itu, untuk alasan kesehatan dan kualitas hidup yang lebih baik, berbagai makanan yang sangat baik dikonsumsi untuk pria berusia 50 tahun ke atas.

Makanan Terbaik untuk Pria Usia 50 Tahun ke Atas

1. Berikan

Buah beri seperti blackberry, blueberry dan raspberry adalah di antara buah-buahan yang kaya antioksidan dan sangat baik untuk pria berusia 50 atau lebih. Kandungan antioksidan yang dikandungnya sangat baik untuk mengurangi risiko kanker. Dikutip oleh Everyday Health, penelitian menunjukkan bahwa khasiat antikanker blueberry dapat menghambat pertumbuhan sel kanker.

Selanjutnya, penelitian yang dilakukan di Medical College of Wisconsin Cancer Center di Milwaukee menyatakan bahwa seseorang yang mengkonsumsi raspberry dan stroberi hitam juga mengalami perlambatan perkembangan kanker esofagus dari 30 menjadi 70% dan kanker usus besar hingga 80%. Cara terbaik untuk mengkonsumsinya adalah memakannya langsung dalam keadaan segar atau ditambahkan ke salad dan yogurt.

2. Jamur

Jamur adalah salah satu makanan untuk pria berusia 50 atau lebih yang baik untuk dimasukkan dalam menu diet.

Menurut Leslie Bonci, RDN, kepala program studi nutrisi olahraga di Pusat Olahraga Universitas Pittsburgh Sports Center, pusat medis mengatakan jamur hanya memiliki 20 kalori per cangkir. Selain itu, jamur juga mengandung kalium yang membantu mengimbangi efek natrium dan menurunkan tekanan darah.

3 telur

Ketika pria mulai menua, massa otot mereka akan berkurang. Biasanya, massa otot akan berkurang secara signifikan setelah seseorang berusia 50 tahun. Oleh karena itu, penelitian yang diterbitkan dalam British Journal of Community Nursing merekomendasikan agar orang tua meningkatkan asupan protein mereka.

Salah satu sumber protein terbaik yang direkomendasikan adalah telur. Selain mengandung protein, telur juga mengandung lutein yang dapat mengurangi risiko seseorang mengalami degenerasi makula karena penuaan.

Selain itu, cobalah makan lebih sering dalam porsi kecil untuk membantu menyehatkan otot-otot Anda dan mencegah sarkopenia. Sarkopenia adalah suatu kondisi di mana massa otot perlahan menghilang seiring bertambahnya usia.

4. Alpukat

Hipertensi dan kolesterol sangat umum pada pria berusia 50 atau lebih. Kedua hal ini merupakan faktor risiko utama penyakit jantung yang masih harus diwaspadai.

Untuk ini, perlu makan makanan yang membantu menjaga kadar kolesterol. Alpukat adalah salah satu makanan yang mengandung lemak tak jenuh tunggal yang dapat membantu menjaga kadar kolesterol rendah.

Selain itu, lemak tak jenuh yang ditemukan dalam alpukat juga membantu mengoptimalkan hormon insulin dan mengontrol kadar gula darah.

5. Kacang kenari

Kacang kenari kaya akan protein, magnesium, kalium dan berbagai vitamin dan mineral lainnya. Kacang, termasuk makanan yang sangat baik untuk kesehatan jantung karena mengandung serat larut yang dapat mengurangi kadar kolesterol jahat dan trigliserida.

Lebih lanjut, penelitian yang dipublikasikan di Archives of Internal Medicine menyatakan bahwa orang yang mengonsumsi kacang secara teratur setiap hari selama tiga bulan juga memiliki tekanan darah dan gula darah yang lebih rendah.

Anda juga akan mendapatkan berat badan ideal karena kenari mengandung serat yang bisa membuat Anda kenyang lebih lama tanpa mengonsumsi kalori berlebih.

6. Kefir

Memiliki sistem pencernaan yang sehat adalah kunci untuk kesehatan tubuh secara keseluruhan. Alasannya adalah bahwa kondisi usus yang sehat mendukung sistem kekebalan tubuh yang kuat, karena tubuh menyerap nutrisi dan bagaimana tubuh mengatur suasana hati.

Untuk alasan ini, bagi pria di atas usia 50, disarankan untuk mengonsumsi berbagai makanan dan minuman yang membantu perkembangan bakteri baik di usus, salah satunya adalah kefir.

Kefir adalah susu fermentasi yang mengandung prebiotik dan probiotik yang membantu menjaga kelangsungan hidup bakteri baik di usus.

Dengan mengonsumsi kefir, Anda membantu tubuh mencegah masalah pencernaan nantinya. Karena para ahli juga menemukan bahwa kefir membantu mengurangi peradangan di usus tikus dan mengurangi kadar gula darah pada pasien diabetes.

Baca Juga :