Cara Sederhana Mengatasi Penyakit Sesak Nafas

bakalanpule.co.id – Cara mengatasi sesak napas secara alami dan tanpa obat-obatan sebenarnya sangat sederhana. Namun, langkah ini tidak menyelesaikan penyebab kerugian. Jika ada penyakit yang menyertainya yang menyebabkan sesak napas, Anda masih perlu dirawat. Berikut adalah beberapa metode yang dapat membantu Anda mengendalikan pernapasan dan melatih tubuh Anda untuk mengatasi sesak napas.

Napas pendek atau sesak napas adalah kondisi menjengkelkan yang membuat sulit bernafas karena tidak cukup udara masuk ke paru-paru. Napas normal terjadi ketika udara masuk ke paru-paru dan keluar dari paru-paru. Proses pernapasan meliputi bagian-bagian tubuh seperti paru-paru, diafragma, otot dinding dada, pusat pernapasan otak, jaringan saraf, molekul pensinyalan impuls saraf dan sejumlah reseptor kimia dan mekanik di otak dan pembuluh darah. Sesak napas terjadi ketika bagian-bagian tubuh ini harus bekerja lebih keras untuk bernafas karena kekurangan oksigen atau akses ke udara.

Solusi tepat untuk mengatasi gangguan pernapasan tanpa obat

Sesak napas, seperti halnya rasa sakit, adalah sinyal yang memperingatkan tubuh akan penyakit yang muncul. Napas pendek atau kesulitan bernafas dapat menjadi pertanda penyakit tertentu, seperti penyakit paru-paru, asma, penyakit paru obstruktif kronik (PPOK), kanker paru-paru, stroke, distrofi otot, obesitas, anemia, gagal jantung, emboli paru, efusi pleura, penyempitan jantung, kelelahan, serangan panik.

Nafas pendek dapat dirasakan dengan derajat ringan hingga berat. Dispnea dengan tanda-tanda seperti kulit pucat atau penampilan kebiru-biruan, pitching (takikardia), demam, pingsan, gangguan pernapasan parah dan sesak napas, setelah reaksi alergi adalah keadaan darurat medis yang harus segera diatasi agar tidak berada dalam bahaya hidup.

Ingat, metode ini untuk mengobati gangguan pernapasan bukanlah pengganti untuk perawatan utama untuk pengobatan penyakit dasar sesak napas, tetapi untuk menghilangkan gejala yang terkait dengan mengi verspürter.

Jadi Anda bisa bernafas lega yang perlu Anda ketahui
Beberapa orang memiliki sesak napas atau sesak napas, tetapi beberapa bahkan selama berminggu-minggu. Jika Anda tidak menderita sesak napas karena darurat medis,

Anda dapat melakukan hal berikut untuk mengatasi sesak napas tanpa minum obat.

Tas bibir bernafas

Ini adalah teknik pernapasan untuk mengatasi sesak napas yang sederhana dan mudah dilakukan. Teknik ini memperlambat pernapasan, membuat setiap napas lebih dalam dan lebih efektif. Anda dapat melakukannya kapan saja Anda mengalami kesulitan bernafas, terutama saat membungkuk, mengangkat benda atau menaiki tangga. Anda melakukan ini dengan mengendurkan otot leher dan bahu Anda. Tutup mulut jika terhirup dan tarik napas perlahan melalui hidung dalam dua langkah dan bernapas perlahan melalui celah bibir atau mulut, hingga mencapai empat titik.

Duduklah dengan posisi maju dan sedikit ditekuk

Jika Anda beristirahat sambil duduk, Anda bisa merilekskan tubuh Anda dan membuatnya lebih mudah bernafas. Duduklah di kursi dengan kaki rata dan sandarkan dada sedikit ke depan. Perlahan letakkan siku di lutut atau pegang dagu dengan tangan. Otot leher dan bahu harus rileks. Anda juga bisa duduk di meja dengan meletakkan tangan dan kepala di atas meja. Jangan lupa menggunakan bantal sebagai sandaran kepala untuk membuat posisi lebih nyaman.

Berdirilah di dinding

Berdiri di dinding atau di tempat lain, Anda dapat merilekskan tubuh dan saluran udara Anda. Berdiri dan bersandar di dinding, menempel ke sisi Anda. Jauhkan kaki selebar bahu dan tangan Anda dekat dengan paha. Relaks dan sedikit condong ke depan. Anda juga bisa berdiri sambil telapak tangan di atas meja dan mengendurkan otot leher dan bahu Anda.

santai saja

Cobalah bernapas sambil berbaring miring dengan bantal di antara kedua kaki Anda dan kepala di atas bantal. Jaga bahu Anda lurus. Atau berbaring telentang dengan kepala tegak dan lutut ditekuk, letakkan bantal di bawah lutut. Kedua posisi ini membantu tubuh dan sistem pernapasan untuk rileks dan memfasilitasi pernapasan.

pernapasan diafragma

Pernafasan diafragma juga bisa menjadi cara untuk mengatasi gangguan pernapasan. Caranya, Anda duduk di kursi dan kemudian relakskan lutut, bahu, kepala dan leher Anda. Letakkan salah satu tangan Anda di depan perut Anda dan satu lagi di depan dada Anda. Bernapas perlahan melalui hidung sampai tangan Anda merasakan perut bergerak saat Anda bernapas. Saat Anda mengeluarkan napas, kencangkan perut Anda. Peluncuran perlahan dengan bibir mengerucut melalui mulut. Lebih menekankan pada pernafasan daripada menghirup. Buang napas lebih lama dari biasanya sebelum bernapas perlahan lagi. Ulangi ini selama sekitar lima menit.

batuk

Batuk yang terkontrol juga dapat membantu Anda bernafas lebih baik. Terutama jika Anda memiliki banyak lendir di tenggorokan atau paru-paru.

kipas

Beberapa penelitian menunjukkan bahwa udara dingin ventilator dapat membantu mengatasi kesulitan bernapas. Nyalakan kipas angin dan bernapaslah seperti biasa. Namun, jangan lupa sering-sering membersihkan kipas agar tidak terkena debu.
Minumlah kopi
Dikatakan bahwa kafein dalam kopi melemaskan otot-otot saluran pernapasan penderita asma. Ini dapat meningkatkan fungsi paru hingga empat jam.

Gaya hidup sehat

Gaya hidup sehat dapat membantu Anda mencegah sesak napas. Berhenti merokok atau hindari merokok, hindari polusi udara dan turunkan berat badan jika Anda terlalu gemuk. Lakukan diet pada menu yang sehat dan cukup tidur. Anda perlu berkonsultasi dengan dokter untuk masalah medis yang dapat menyebabkan masalah pernapasan Anda.

Langkah sederhana untuk mengatasi sesak nafas bisa Anda lakukan di rumah. Jika sesak napas disebabkan oleh komorbiditas atau gejalanya lebih serius daripada sebelumnya, biasanya kecil kemungkinannya sesak napas dapat diobati tanpa pengobatan, dengan kata lain, penyakit bersamaan yang mendasari gejala juga harus diobati. Jangan hanya menenangkan pikiran dan perasaan Anda ketika napas Anda terasa tidak nyaman atau tegang. Namun, jika Anda mengalami masalah pernapasan yang berkepanjangan atau kesulitan bernapas pada malam hari, disertai dengan demam, kedinginan, batuk, bengkak dan kaki atau pergelangan kaki dingin, hubungi dokter atau ruang gawat darurat.

Sumber: https://www.caramedis.co.id/

Baca Artikel Lainnya:

Cara Sederhana Membuat Magnet Sendiri

Ragam Manfaat Kayu Manis Serta Kegunaanya