Cara mencegah darah tinggi

Mencegah tentu lebih baik daripada mengobati. Ini juga berlaku untuk kondisi hipertensi yang telah menjadi penyebab utama tingginya angka kematian di dunia. Tekanan darah tinggi atau hipertensi adalah kelainan kesehatan yang sering terdeteksi terlambat dan suka diremehkan. Padahal, berbagai penyakit kronis lainnya bisa terjadi akibat tekanan darah tinggi.

Cara mencegah darah tinggi

Namun tenang, ada beberapa hal yang bisa Anda lakukan untuk mencegah hipertensi.
Lakukan 7 cara ini jika Anda ingin mencegah hipertensi
1. Ubah diet Anda

diet hati

Pola makan yang buruk sangat mungkin meningkatkan tekanan darah. Karena itu, perlu mengurangi makanan tinggi sodium yang terkandung dalam banyak makanan asin dan olahan, sehingga tekanan darah tetap normal.

Sebaliknya, untuk mencegah tekanan darah tinggi, Anda dapat memilih makanan yang mengandung kalium tinggi yang dapat membantu menjaga tekanan darah stabil. Kalium dapat ditemukan dalam kentang, pisang, alpukat, ikan, dan susu.

Tidak hanya itu, makanan rendah lemak dan makanan berserat seperti buah-buahan, sayuran dan biji-bijian juga dianjurkan.

Saat ini ada berbagai jenis diet yang ditujukan untuk orang dengan tekanan darah tinggi, seperti diet DASH. Menerapkan diet ini, perlu untuk mengkonsumsi asupan serat yang tinggi, sumber protein dengan kadar lemak rendah, membatasi natrium dan menghindari makanan dengan kadar kolesterol tinggi.

Jangan lupa minum cukup air, karena kekurangan cairan akan memengaruhi jumlah natrium dalam tubuh.
2. Olahraga teratur

Jangan membayangkan menjadi seorang atlet untuk dapat berolahraga secara teratur. Saat ini latihan fisik sudah menjadi kebutuhan bagi semua orang karena dapat menjaga kesehatan tubuh secara umum, termasuk pencegahan hipertensi.

Padahal, orang yang berolahraga secara teratur memiliki risiko hipertensi lebih rendah daripada mereka yang tidak berolahraga sama sekali.

Untuk menjaga tekanan darah normal, Anda harus berolahraga selama 2 jam pada 30 menit seminggu. Tidak perlu berolahraga yang terlalu sulit, cukup berjalan santai, jogging atau bersepeda saja bisa mencegah hipertensi.

Sementara anak-anak dan remaja didorong untuk berlatih selama satu jam setiap hari agar tubuh mereka tetap bugar dan terhindar dari risiko hipertensi.
3. Pertahankan berat badan ideal

diet yang efektif

Faktanya, orang yang kelebihan berat badan, kelebihan berat badan atau obesitas memiliki peluang 2 hingga 6 kali lebih besar untuk mengalami hipertensi. Karena itu, cobalah untuk mempertahankan berat badan yang ideal, karena Anda tidak hanya dapat mencegah hipertensi tetapi Anda dapat mengurangi risiko penyakit lainnya.

Mulai sekarang, ubah gaya hidup Anda sehingga berat badan Anda berkurang dan akhirnya dalam jumlah yang ideal. Dengan mengurangi sekitar 4-5 kg ‚Äč‚Äčkelebihan berat badan, risiko hipertensi dapat dikurangi.
4. Kurangi minum alkohol

kandungan alkohol dalam tubuh

Minum terlalu banyak dan seringkali dapat meningkatkan tekanan darah. Tidak hanya itu, sebagian besar minuman beralkohol memiliki kandungan kalori tinggi dan dapat menyebabkan kenaikan berat badan.
5. Berhenti merokok

bahaya rokok

Hipertensi adalah salah satu efek samping negatif yang dapat disebabkan oleh merokok. Merokok juga bisa membuat Anda terpapar berbagai penyakit kronis seperti stroke, penyakit jantung dan serangan jantung.

Jadi berhentilah merokok dari kebiasaan Anda mulai sekarang.
6. Kelola stres dengan baik

khawatir tentang penajaman memori

Stres dapat meningkatkan tekanan darah sesaat. Namun, jika Anda tidak mengelola stres dengan baik, tekanan darah Anda akan terus tinggi dan dapat menyebabkan tekanan darah tinggi.

Stres itu alami, tetapi di atas semua itu, bagaimana Anda menanganinya dengan benar. Lakukan hal-hal yang dapat membuat Anda rileks, seperti mendengarkan musik, meditasi atau yoga.
7. Periksa tekanan darah Anda secara teratur

tekanan darah rendah

Kontrol tekanan darah dengan rutin adalah penting, karena dalam hal ini dimungkinkan untuk mengetahui apakah tekanan darahnya normal atau tidak. Anda dapat memeriksa tekanan darah Anda di rumah atau dengan bantuan tim medis.

Jika hasil tekanan darah Anda antara 120-139 / 80-89 mmHG, ini adalah tanda bahwa Anda memiliki prehipertensi. Kondisi ini sangat mungkin menyebabkan hipertensi, walaupun masih bisa dicegah dengan mengubah gaya hidup menjadi lebih sehat.

Baca juga: